Pages

12/8/09

Bagaimana Rencana Strategi Terbaik Untuk Menjadi Sarjana Komputer Berkualitas ya....?



Sebenarnya menjadi lulusan sarjana yang berkualitas atau berkompeten di masing- masing bidang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal atau faktor yang bisa menjadi penghalang, sebagai contoh bila seorang lulusan sarjana tersebut malas melakukan pembelajaran dari luar, lalu tidak melakukan les ataupun pengambilan sertifikasi dari dalam negeri maupun luar negeri. Pasti seorang lulusan sarjana tersebut bingung melakukan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini keterampilan sangat penting bila ingin mendapat pekerjaan yang diinginkan atau sesuai bidang yang ditekuni pada saat kuliah.


Langkah-langkah atau rencana strategis yang bisa dipelajari dari mulai kuliah (secara khusus jurusan komputer) lalu menjadi sarjana :

1. Paling utama adalah menjadi diri sendiri, jangan mengikuti orang lain.

2. Memahami kemampuan atau skill apa yang paling disukai sejak masuk jurusan komputer, misalkan kemampuan di bidang pemrograman (Java, C++, dan lain-lain), jaringan atau networking (cisco), basis data (oracle, mysql, postgresql, dan lain-lain), multimedia (Gaming, Desaign Web, dan lain-lain).

3. Mau mendalami apa yang menjadi keahlian yang disukai.

4. Bila ingin kemampuan atau keahlian pribadi yang disebutkan di nomor dua ingin langsung dikenal orang banyak tanpa mengetahui secara detail kemampuan yang kita miliki, maka ambillah tes sertifikasi nasional maupun internasional agar dapat sertifikasi secara legal.

5. Mempelajari perubahan-perubahan ilmu komputer dan teknologi yang sangat cepat berubah-ubah, jangan sampai ketinggalan dalam hal ilmu komputer dan teknologi.

6. Menjadi pribadi yang kuat dan jangan mudah patah semangat dalam mempelajari ilmu dan kemampuan.

7. Mempersiapkan diri untuk bertempur dalam memulai melamar pekerjaan (bila ingin menjadi pekerja).

8. Mempersiapkan diri untuk memulai usaha mandiri dalam bidang apapun (bila ingin menjadi wirausahawan).


Rencana di atas merupakan beberapa yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya kemauan dalam diri untuk siap mempelajari hal yang baru merupakan kunci kesuksesan dalam menjadi lulusan sarjana berkuailtas.

No comments:

Post a Comment